Lihatlah Ide di Sekitar Anda

Sudah cangkir kopi kedua, namun Anda masih saja belum menemukan kalimat yang pas untuk mengawali rapat besok pagi. Atau sedari pagi Anda murung akibat pertengkaran hebat dengan sang kekasih hati?

Seorang penulis bernama Julie Burstein baru-baru ini menerbitkan bukunya yang berjudul Spark: How Creative Works. Buku ini sebenarnya adalah untuk membantu diri sendiri yang ditujukan khusus bagi orang-orang yang bekerja di industri kreatif. Selain itu, dalam buku ini juga Burstein bayak menyajikan tips-tips para sahabatnya yang bekerja di bidang entertainment seperti designer, script writer, film maker dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang bukan berkecimpung di industri kreatif, buku ini pun masih bisa menjadi “bantuan” singkat disaat Anda sedang jaded menjalani pekerjaan. Anggaplah semua yang Anda kerjakan sebagai sebuah seni, yaitu seni bekerja. Siapkah Anda menghancurkan gangguan dan penghalang kreatif?


Ritual Pemanasan Sebelum Bekerja

 Selalu telat ke kantor karena Anda susah bangun pagi? Terdengar akrab? Hal tersulit dalam mengubah sebuah kebiasaan adalah “memulai perubahan”. Dan siapa bilang rutinitas yang dijalankan secara teratur itu membosankan? Malah sebaliknya, rutinitas membuat Anda lebih disiplin dalam segala hal. Di dalam bukunya, Burstein membagikan kisah sahabatnya, Isabel Allende, yang juga seorang penulis. Allende selalu mulai mengerjakan proyek buku terbarunya di awal tahun dan di tanggal yang sama. Hal ini meyakinkan ia untuk selalu “memulai” sebuah proyek baru dan menjadikannya seorang penulis yang sangat produktif.
Lihatlah Ide di Sekitar Anda

 Apakah Anda terjebak dalam “bilik” Anda? Padahal jam lima sore nanti laporan Anda sudah harus diserahkan kepada atasan Anda. Cobalah untuk tetap tenang dan mencari inspirasi dari lingkungan sekitar Anda. Misalnya saja, membuka laci meja kerja Anda. Siapa tahu Anda menemukan “harta karun” tak terduga yang bisa menjadi bahan tulisan Anda. Atau jangan ragu untuk sesekali berjalan disekitar lingkungan kantor, ke mini market terdekat misalnya sembari menyusuri taman kecil disekitar kantor. Tahukah Anda bagaimana Ben Burtt sang sound desiger di film Star Wars, menciptakan suara dari light sabers? Burtt mengkombinasikan bunyi dengungan dari proyektor dan microphone yang sudah rusak di rumahnya. Lihat, sesuatu yang sederhana dan dari tempat sehari-hari bisa menjadi sebuah awal dari pemikiran yang besar.

Temukan Kekuatan dari “Dua”

 “Bermitra dapat membuahkan hasil yang besar”. Kuncinya adalah Anda harus mengijinkan diri Anda berkolaborasi dengan seseorang, dengan begitu Anda mau tak mau akan berkompetisi dengan partner Anda. Contohnya saja sang sutradara terkenal Ang Lee dan partner-nya James Schamus, yang sering berkolaborasi menghasilkan film-film kolosal yang mendobrak pasaran Hollywood. Lee dan Schamus mengesampingkan ego masing-masing sekaligus mendorong satu sama lain untuk selalu datang dengan ide yang segar.

 

Jadikanlah Pengalaman Buruk Menjadi Pendobrak Kreativitas

Menyakitkan memang untuk mengingat suatu hal negatif yang pernah kita alami. Tapi jangan salah, hal negatif terkadang adalah motivator paling ampuh untuk maju. Beberapa orang malah berhasil menggapai kariernya karena mengingat masa lalu yang kurang menyenangkan.

About

Roisun Kubangcalingcing

Posted in ps2 / winning eleven

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Winning Eleven's Stats
  • 8,715,499 Gamers Coming
BELAJAR BISNIS EASY
DAFTAR ISI
Recent Cheat
Statistic
%d bloggers like this: